hwc2015

April 28, 2015

“Belanda Surganya Bersepeda”

Pernah nggak lagi  naik sepeda di trotoar tiba-tiba harus pindah karena ada motor berlalu lalang atau banyak pedagang asongan yang menggelar dagangannya di sepanjang trotoar? Pasti pernah ya. Nah jika kalian naik sepeda di belanda di jamin deh nggak ada yang namanya motor berlalu lalang di trotoar atau para pedagang yang menggelar dagangannya di trotoar. Semuanya tertata dengan rapi dan bersih di belanda. Makannya belanda terkenal dengan surganya bersepeda.  Pemerintah belanda sangat mendukung dan memberikan ruang khusus untuk bersepeda. Tidak heran jika kita berkunjung ke belanda kita akan melihat banyak orang-orang  yang bersepeda.  

Tahukah kamu, bahwa di belanda terdapat 18 juta sepeda di dalam negeri, dengan populasi penduduk belanda yang mencapai 16,7 juta jiwa. Dan di pagi hari pada setiap hari kerja jam 08:00-09:00 pagi hampir 2 juta sepeda akan di jalan-jalan Belanda. Hal itu menjadikan belanda berada di peringkat pertama sebagai negara yang ramah untuk bersepeda di eropa.
Most bike-friendly countries in Europe
1=. Denmark
1=. Netherlands
3. Sweden
4. Finland
5. Germany
6. Belgium
7. Austria
8. Hungary
9. Slovakia
10. UK
Source: European Cyclists' Federation Cycling Barometer. Based on daily cycling levels, bike sales, safety, cycle tourism and advocacy activity



Bersepeda memang menjadi hal wajib di belanda. Bersepeda juga merupakan salah satu transportasi yang ramah lingkungan di belanda, dan setiap orang di belanda tentunya memiliki sepeda. Bahkan di pinggiran kota yang tentu saja banyak kendaraan yang berlalu lalang pemerintah belanda memberikan ruang yang luas untuk bersepeda. Tentu banyak manfaat yang di rasakan oleh warga belanda dalam menjalani aktifitas dengan bersepeda. karena itu kualitas udara di belanda sangat baik. Sepeda memang sudah melekat pada warga belanda. Mulai dari yang kecil sampai dewasa, dari yang muda hingga tua semua bersepeda. Pemerintah belanda sangat berkontribusi besar terhadap para pesepeda dan pemerintah menyediakan infrastruktur yang sangat baik untuk para pesepeda. 

Separate bike paths, parallel to the roadway (jalur khusus terpisah untuk pesepeda yang sejajar dengan jalan raya).

On-Road bike lanes (jalur khusus untuk pesepeda)

Fietsstraat (bike street)



Pemerintah belanda juga menyiapkan dan mengatur sistem jalan yang baik supaya para pesepeda dapat menikamati jalan tanpa khawatir dengan lalu lalang para pejalan kaki. Jalur pejalan kaki dan pesepeda juga di beri jarak. Jangan khawatir takut kehabisan lahan parkir sepeda karena pemerintah belanda telah menyiapkan lahan parkir yang tersebar di seluruh belanda. Pemerintah belanda juga memberikan dukungan dengan membuat banyak parkiran sepeda  dengan daya tampung yang cukup banyak. Orang-orang yang tinggal di rumah, di flat tanpa fasilitas penyimpanan khusus sepeda. Dapat memarkirkan sepeda ditempat yang sudah disediakan oleh pemerintah belanda. Seperti di parkiran stasiun, bandara, sekolah, universitas, dan lain-lainnya. Tapi ingat ya, jika parkir sepeda jangan lupa untuk mengunci sepedanya juga.

Belanda memang piawai dalam mengatur moda transportasi yang sehat bagi warganya arti penting gaya hidup sehat sangat dijunjung tinggi. Itu sebabnya belanda di juluki dengan “Surganya bersepeda” dan belanda juga menjadi inspirasi oleh banyak negara karena sistem dan manjemen bagi para pesepeda yang sangat baik. Kerja sama antara pemerintah dan warga yang terjalin erat menjadikan belanda terdepan dalam segala bidang. Semoga negara Indonesia yang tercinta ini bisa mencontoh gaya hidup sehat warga negara belanda.

Referensi:



oleh :

Winda Ayu Prabowo (Universitas Gunadarma)

Peserta Holland Writing Competition 2015













You Might Also Like

0 komentar